Sign in Help
Like it: Blogger.com Twitter Facebook
Our Clients
Amanda
Amanda
24 November 2014

The Matryoshka shop is amazing, Russian Dolls are very beautiful! It is great gift idea for Christmas. And thank you for great discount. I am very happyread more

Amanda Amanda
24 November 2014
Mira
Mira
16 October 2014

I love Matryoshka! It will be the amazing present for everyone. They are so cute.read more

Mira Mira
16 October 2014
Imelda
Imelda
11 August 2014

Pertama kali saya lihat boneka Matryoshka di facebook dan pikir suvenir ini cantik bgt, tapi ternyata kalo lihatnya di toko jauh lebih cantik! Aku baru beli satu boneka yang akan jadi pertama dalam koleksiku.read more

Imelda Imelda
11 August 2014
Wonderful Russia
Matryoshka - Soul Of Russia

At one time or another, most of us have been fascinated with the colorfully painted matryoshka (ma-TRYOSH-ka; plural ma-TRYOSH-kee) or nesting dolls. They come in a variety of sizes, characters and number of dolls nested one inside the other. How did the matryoshka come to be and why?read more

Festival Film Muslim Internasional Ke-10 Ungkap Sisi Kehidupan Muslim di Dunia

Baru-baru ini, kota Kazan menyelenggarakan Festival Film Muslim Internasional ke-10. Festival tersebut ditujukan untuk menaikkan gengsi kota Kazan di mata dunia Islam.read more

Matryoshka cruise around Russia.

Russia is the largest in the world and one can be sure that there are plenty places to visit in such a vast territory. Here we will introduce you with the most interesting places and routes in the European part of Russiaread more

The exhibition “Museum of Russian Matryoshka”

The exhibition “Museum of Russian Matryoshka” presents a large group of items of the 20th - 21st century from the Sergiev Posad Museum and private collections.read more

Main page » IT'S INTERESTING » “MATRYOSHKA” LAMBANG CINTA DARI RUSIA

“MATRYOSHKA” LAMBANG CINTA DARI RUSIA

14.04.2012

 

Nama “Matryoshka” sudah lama terkenal di dunia. Souvenir cewek boneka cantik dan dalam pakaian tradisoinil Rusia ini sudah melampaui batas semua negeri dan semua benua. Dan nama Matryoshka sudah tidak asing lagi di Indonesia

Kaum priayalah yang selalu mau mendapatkannya, agar bawa pulang ke rumahnya, mungkin karena kecantol cewek Rusia yang ayu.

Tetapi wanitapun terkesan juga. Mengapakah? Rahasianya dimana?

Sebabnya Matryoshka itu ibarat seorang ibu – didalam boneka kalau dibuka kelihatan boneka kecil lainnya, yang sendiri mengandung boneka dan seterusnya. Ada didalamnya sampai delapan “anak” dan semuanya mirip ibunya. Sampai paling kecil yang masih bayi. Dan anaknya silih berganti, anak laki-laki disusuli anak perempuan dan terus sebaliknya. Presis ibarat ibu dengan anaknya.

Matryoshka ada yang ber-anak tiga , ada yang beranak delapan ada dan bahkan lebih. Kan kekayaan paling berharga di dunia ini  adalah anak dan rasa saling cinta. Bukankah begitu? 

Tambahan lagi citra (image) wanita sangat dihormati, diluhurkan dan dijayakan dalam seni rupa Rusia, dalam folklore, dalam puisi, seni lukis, kerajinan Rusia. Wanita dari dahulu kala suka disebut lembut dengan nama burung, seperti “lebyodushka” (asalnya dari nama dari burung angsa) atau “golubka” (dari merpati)  – lambang kebaikan dan kesejahteraan dengan mengutamakan kecantikannya dan geraknya lemah gemulainya.

boneka dengan cerita, hadiah untuk pacar, hadiah untuk ibu 

Ada berbagai-bagai versi sejarah, masa dan tempat lahirnya seni kerajinan “Matryoshka” di Rusia ini.

Salah satunya diceriterakan kepada kami Irina Petrovna Certovic, Direktur Museum  “Matryoshka,” yang terletak di gang kecil bernama Leontyevsky 7, dipusat Moskow itu sendiri. Menurut beliau justeru di gedung kuno ini dimana sejak abad kesembilanbelas terletak Museum Kerajinan yang ada bengkel dan gudang sendiri. Dan justeru di wisma bersejarah itu oleh tukang V.Zvyozdockin dibubut  Matryoshka dari kayu yang pertama. Yang mewarnainya ialah pelukis terkenal, akademiawan S.Malyutin. Sesuai dengan berbagai sumber masa dulu itu dewasa ini Matryoshka sudah dsehasrusnya berumurusia antara 120-125 tahun.

Museum di Moscow, banyak Matryoshka, Matryoshka di Moscow

Dalam memulihkan kembali budaya, seni dan tradisi Rusia pada abad kesembilanbelas besar sekali jasanya keluarga saudagar dan  indusrialis Rusia ,kakak beradik Mamontov dan pertama Savva Mamontov (1841-1918) yang mengumpulkan disekitanya kelompok pelukis terkenal seperti Repin, Antokolsky, Vasnetsov, Vrubel. Di desa Abramtsevo didekat Moskow telah dibuka oleh mereka Bengkel Seni Pendidikan Anak yang diajar berbagai kerajinan termasuk Matrsyoshka juga.

Boneka Matryoshka dibuat dari macam-macam kayu. Tetapi biasanya dari pohon linden yang strukturnya lembek. Dan harus dikeringkan dulu. Setelah sebagian kayu dibubut berupa bulat seperi telor sesuai dengan ukiran yang diperlukan, sering antara 10-20 senti dan lebih, tetapi dibubut samapai dua millimeter (bayi). Kemudian, bakal boneka diwarnai dan dipernis.

Kalau ditanya mengapa menyerupai bentuk telor, dijawabnya sebab di Rusia dari dahulu kala ada “Telor Pasca” bermacam-macam, warna, macam-macam gambar, sesuai dengan tradisi Kristen Ortodok. Sekarangpun menurut tradisi hampir di semua rumah di Rusia pada peringatan Paskah telor biasa, (untuk dimakan) biasanya putih diwarnai selama dimasak  dengan menggunakan cat alamiah (terbuat misalnya dari kulit bawang merah) ataukah cat kimia moden.

Telor Pasca, tradisi Rusia, telur untuk lukisan

Matryoshka yang pertama telah mengambarkan puteri petani yang mukanya bulat, berpakaian blus yang disulam, dalam sarafan (sm gaun) bercelemek, dengan ayam jantan hitam di tangannya.

Pada waktu dulu itu kekayaan kerajinan zaman Rusia lama ini berupa boneka, ukiran kayu, ukiran tulang, mainan kayu, mebel, kain tenun mebel, permadani dll pada waktu itu keluar jauh perbatasan Rusia, merebut pasaran tidak saja di dalam negeri, tetapi pasaran Eropa, Asia dan Amerika.

Tetapi Matryoskalah yang selalu “leading”. Memang, cinta akan wanita cantik, cinta akan ibu, cinta akan anak tidak ada batasnya di negeri manapun. Dan justeru itulah yang dilambangkan Matryoshka. Bukanlah kebetulan namannya berasal dari kata  Slav – “Matrona”. Yang berarti Ibu. Mirip dengan “Ma”, Mama (bahasa Rusia). Abad yang lalu di Rusia nama ini yang sedikit dirubah menjadi Matryona , salah satu nama yang menjadi paling populer. Tetapi yang tetap ada kaitannya dengan nama Sang Ibu.

Pada tahun 1900 di Pameran Kerajinan Internasional di Paris Matryoshka meraih Grand Prix dan sejak itu mendapat kecintaan dunia dan pengakuan dunia dan menjadi salah satu symbol nasional Rusia

Berkat “Pameran Pindah” yang diselenggarakan oleh  Perusahaan perkapalan dan perdagangan Rusia Matryoshka  pernah dipresentasikan di kota dekat laut di Yunani, Turki, negeri-negeri Timteng.

pameran di Paris, pameran Matryoshka, matryoshka di dunia

Menurut suatu versi lain lagi kerajinan pembuatan mainkan kayu lahir di Rusia di abad ke-XVII dan berkembang pada perbatasan abad ke XYIII- XIX di kota Sergiyev Posad  didekat Moskow. Kota ini adalah sampai sekarang  salah satu pusat besar kerajian kayu Rusia, termasuk pembuatan Matryoshka dan dengan museuym Matryoshka itu sendiri

Dan ada juga sumber yang mengatakan, bahwa sejarah Matryoshka dimulai 600 tahun lalu dan akar-akarnya harus dicari di Pegunungan Ural.

Dengan jalannya waktu bentuk dan pelukisan Matryoshka berubah juga. Digambarkan ksatria dan  para boyar (kaum ningrat). Dibuat Matryoshka yang mengambarkan panglima Napoleon (dengan stafnya didalam) dan  panglima Kutuzov dengan styafnya juga.

Menurut penelitian ilmiah belum ada data tepat di kota mana mainan kayu pertama  yang diciptakan, tetapi diketahui, bahwa masih di abad ke-XV dibawah Kathedral Troitse-Segiyev ada bengkel khusus dimana para biarawan mengolah kayu menghasilkan ukiran basrelief dan berdimensi.

Sekarang ini di Rusia diciptakan Matroshka berbagai gaya dan gambar. Ada yang bertema klassik tradisionil Rusia ada  bertema modern dengan menggambarkan puteri langsing, ayu, berpoze macam-macam (tentunya itu bukan produksi industri, tetapi eksemplar tunggal). Dan ada juga produksi massal Matryoshka yang menggambarkan  pemimpin Sovyet dan Rusia: Lenin, Stalin, Gorbacov, Yeltsyn, Putin dll. Ternyata laku juga.

Uni Sovet, souvenir Rusia, Matryoshka dengan Putin

Ada macam-macam Matryoshka cantik macam gaya dan designe, macam-macam warna, gambar sesuai dengan tradisi, adat istiadat daerah pembuatannya.Tetapi menarik untuk dicatat,, bahwa belum ada suatu Matryoshka Rusiapun yang pernah dibuat bermuka dengki, semuanya baik hati, senyum manis, sedikit genit, digarisbawahi oleh Direktur Museum.Matryoshka Moskow.

Waktu belakangan ini mulai sangat populer Matrsyoshka dengan gambaran pertempuran bersejarah, dengan ilustrasi dongengan, ataupun macam-macam binatang.

Para designer mulai lebih berani berjauhan dari Matryoshka klassik dan “memberi pakaian”  kepadanya serba modern, sesuai dengan busana masing-masing.

design 2012, Matryoshka by couture, Matryoshka di Vogue

Mau tidak mau tetapi harus diakui bahwa kepopuleran Matryoshka mungkin sudah keterlaluan, dan sebsab imagenya mulai digunakan dalam meja perayaaan, sampai dibuat kuwe dan gado-gado menyerupai Matryoshka.  

Makanan Rusia, food for party, makanan mudah 

Pusat-pusat pembuatan Matryoshka di Rusia cukup banyak. Dipelihara dari dulu sampai sekarang di kota-kota dekat Moskow, yaitu di Sergiyev Posad, Zagorsk, di kota-kota Merinov dan Semenovsk, daerah Nizhny Novgorod. Begitu juga di kota Tver dan Vyatka. Tentunya bonekanya berlainan warna, designe, besar-kecilnya. Paling besrar yang dibuat mencapi satu meter dengan 50 anak didalamnya. Belakangan ini muncul motif lebih dekoratif, dengan gambaran lebih banyak bungga, daun, buah-buahan. Tetapi pakainnya pada umumnya tetap tradisionil Rusia. Masing-masing miliki kecantikan ,kesitimewaan dan daya tarik diri sendiri. Tetapi hakekatnya tetap sama- persahabatan dan rasa cinta, pengharapan kebahagian dan kesejahteraan. Itulah sebabnya, Matryoshka yang menjadi utusan rasa-rasa manusia yang luhur ini suka bersemayam di rumah berbagai suku dan bangsa.

Boneka Rusia yang terbesar, anak dan Matryoshka

Bukanlah kebetulan, baik di masa dulu maupun di masa sekarang ini Matryoshka secara tradisionil diberikan  sebagai hadiah kepada para mempelai. Tetapi sekarang kadang-kadang pada upacara perkawinan dihadiahi Matryoshka bergambar potret pengantin laki-laki dan pertempuan. Mungkin karena mau mengharapkan banyak anak kepada pasangan merpati yang muda.

hadiah perkawinan, kado unik, kado untuk istri